Perbedaan Individu dan Kebutuhan Anak Usia Sekolah Menengah




NAMA : DEWI NOVITASARI
NIM      : FO7111022
MK        : PERKEMBANGAN  PESERTA  DIDIK

Perbedaan Individu dan Kebutuhan Anak Usia Sekolah Menengah

1. Secara garis besar, perbedaan individu dikategorikan menjadi 2, yaitu perbedaan secara fisik, dan psikis. Perbedaan secara psikis meliputi perbedaan dalam tingkat intelektualitas, kepribadian, minat, sikap dan kebiasaan belajar.
2. Dalam pandangan yang lain, perbedaan individual siswa sekolah menengah dibedakan berdasarkan perbedaan dalam kemampuan potensial dan kemampuan nyata. Kemampuan nyata dapat disebut sebagai prestasi belajar.
3. Indikator perilaku intelegen menurut Witherington antara lain:
1. Kemudahan dalam menggunakan bilangan.
2. Efisiensi dalam berbahasa.
3. Kecepatan dalam pengamatan.
4. Kemudahan dalam mengingat.
5. Kemudahan dalam memahami hubungan.
6. Imajinasi.
4. Gage dan Berlinier (1984:165) mempunyai pandangan tentang kepribadian sebagai berikut. Personality is the integration of all of persons traits abilities, motives as well as his or her temperament, attitudes, opinios, beliefs, emotional responses, cognitive styles, characters and morals.
5. Menurut Murray, kebutuhan individu dibagi menjadi 2 kelompok besar, yaitu viscerogenic dan psychogenic. Kemudian kebutuhan psychogenic dibagi lagi menjadi 20 kebutuhan.
6. Kebutuhan yang cenderung dominan pada siswa sekolah menengah berdasarkan 20 kebutuhan menurut konsep Murray, adalah seperti ini:
1. Need for affiliation
2. Need for aggression
3. Autonomy needs
4. Conteraction
5. Need for dominance
6. Exhibition
7. Sex.

Unknown
Unknown

Previous
Next Post »

1 komentar: