PENDIDIKAN BAGI ANAK SEKOLAH USIA DASAR dan MENENGAH




Nama : Desy Sulistiawati
Nim :  F07111012
MK : Perkembangan Peserta Didik
Prodi : Seni Tari dan Musik

Ringkasan Materi
   PENDIDIKAN BAGI ANAK SEKOLAH USIA DASAR
A.Implikasi Karakteristik dan Kebutuhan Anak SD Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan.
Seperti yang telah disampaikan bahwa karakteristik pertama anak SD adalah senang bermain. Karakteristik ini menurut guru SD untuk melaksanakan kegiatan pendidikan yang bermuatan permainan lebih-lebih bagi siswa kelas rendah. Guru SD seyogyanya merancang model pembelajaran yang memungkinkan adanya unsur permainan didalamnya guru hendaknya mengembangkan model pengajaran yang serius tapi.
Perincian tugas-tugas perkembangan anak usia SD menurut Havighurst dan implikasinya terhadap penyelenggaraan pendidikan adalah sebagai berikut.
1. Pembelajaran Keterampilan Fisik yang Diperlukan untuk Permainan Sehari-hari.
2. Membangun Keutuhan Sikap terhadap Diri Sendiri sebagai Organisme yang Sedang Tumbuh.
3. Belajar Bergaul dan Bekerja Kelompok Sebaya
4. Mempelajari Peran Sosial sebagai Pria atau Wanita
5. Pengembangan Keterampilan Dasar dalam Membaca, Menulis dan Berhitung.
6. Pengembangan Konsep-Konsep yang Perlu dalam Kehidupan Sehari-hari.
7. Pengembangan Kata Hati,Moral dan nilai-nilai.
8. Mencapai Kemandirian Pribadi.
Dari uraian tentang tugas-tugas perkembangan dan implikasi terhadap pendidikan, dapat kita simak bahwa, bertolak dari sumber fisik, psikologis dan nilai serta aspirasi pribadi, tugas-tugas perkembangan anak SD di indonesia adalah pencapaian perilaku yang seyogyanya ditampilkan anak SD yang mencangkup sikap dan kebiasaan dalam berimtaq (iman dan taqwa), pengembangan kata hati moral dan nilai-nilai, pengembangan keterampilan dasar dalam calistung, pengembangan konsep-konsep yang perlu dalam kehidupan sehari-hari, belajar bergaul dan bekerja dalam kelompok sebaya.
B. Penyelenggaraan pendidikan bagi anak usia sekolah dasar
Diantara jenjang pendidikan,pendidikan disekolahan dasar merupakan jenjang yang mempunyai peranan sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusi (SDM). Pada jenjang pendidikan ini lah kemampuan dan keterampilan dasar dikembangkan pada peserta didik, baik sebagai bekal untuk pendidikan lanjutan maupun untuk terjun ke masyarakat.
Pekerjaan rumah bagi pemerintah berkenaan dengan pelaksanaan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun yang belum terselesaikan dalam menuntaskan pendidikan di SD adalah sebagai berikut:
1. Angka putus sekolah kelas II SD cukup tinggi.
2. Angka mengulang kelas II SD masih cukup tinggi.
3. Dalam hal mutu pendidikan.





PENDIDIKAN BAGI ANAK USIA SEKOLAH MENENGAH
A. Implikasi Karakteristik Perkembangan Anak Usia Sekolah Menengah terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
Berikut ini akan dibahas implikasi keempat karakteristik anak usia sekolah menengah terhadap penyelenggaraan pendidikan.
1. Karakteristik Perkembangan Fisik dan Perilaku psikomotorik
Sebagai mana telah dijelaskan pada modul sebelumnya bahwa perkembangan fisik pada usia remaja terutama remaja awal ( usia SLTP) berlangsung sangat cepat.
2. Karakteristik Perkembangan  Bahasa dan Perilaku Kognitif
Pada usia remaja tumbuh keinginan untuk mempelajari dan menggunakan bahasa asing.
3. Karakteristik Perilaku Sosial, Moralitas dan Keagamaan
Karakteristik perilaku sosial siswa sekolah menengah adalah adanya kecenderungan ambivalensi keinginan menyendiri dengan keinginan untuk bergaul dengan banyak teman, dan ambivalensi antara keinginan untuk bebas dari dominasi pengaruh orang tua dengan kebutuhan bimbingan dan bantuan dari orang tuanya.
4. Karakteristik Perilaku Afektif,Konatif Kepribadian
Memasuki usia sekolah menengah, 5 kebutuhan dari Maslow yaitu kebutuhan fisik, kebutuhan rasa aman, afiliasi sosial, penghargaan dan perwujudan diri.

Unknown
Unknown

Previous
Next Post »