Makalah Komunikasi



Pendahuluan

Manusia adalah makhluk sosial,disamping sandang,pangan,dan papan sebagai kebutuhan utamanya maka sebagai makhluk sosial manusia membutuhkannya untuk berkomunikasi diantara sesamanya sebagai kebutuhan utamanya untuk dapat saling berhubungan satu dengan yang lainnya.
Maka mulailah manusia mencari dan menciptakan sistem dan alat untuk saling berhubungan tersebut,dimulai dari melukis bentuk didinding gua,isyarat tangan,isyarat asap,isyarat bunyi,kata,kalimat,tulisan,surat sampai dengan telepon dan internet.lat dan sistem komunikasi yang diciptakan manusia tersebut kemudian dikenal dengan nama teknologi informasi atau yang lebih dikenal dengan istilah “IT”.


Bab II
Pembahasan

1.1 Pengertian Teknologi Komunikasi
Teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan,memproses,dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lainnya.
Yang mendasari sesuatu hal dapat digolongkan kedalam teknologi komunikasi antara lain :
• Teknologi komunikasi dilahirkan oleh sebuah struktur sosial,ekonomi dan politik.
• Teknologi komunikasi membawa nilai yang berasal dari struktur ekonoml,sosial,dan politik tertentu.
• Teknologi komunikasi meningkatkan kemampuan indra manusia terutama kemampuan mendengan dan melihat.

1.2 Sejarah Teknologi Informasi
Adapun perkembangan sejarah teknologi informasi antara lain :
• Dimulai pada masa Pra sejarah (….s/d 3000 SM),pada awalnya teknologi informasi yang dikembangkan manusia pada masa ini berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang mereka kenal.Mereka menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua tentang berburu dan binatang buruannya.
• Masa sejarah (3000 SM s/d 1400-an M),pada masa ini teknologi informasi belum menjadi teknologi masal seperti yang kita kenal sekarang ini,teknologi informasi masih digunakan oleh kalangan-kalangan terbatas saja dan digunakan pada saat-saat khusus dan mahal.
1

• 3000 SM,untuk yang pertama kali tulisan digunakan oleh bangsa sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk bunyi yang berbeda sehingga mampu menjadi kata,kalimat dan bahasa.
• 2900 SM,penggunaan huruf hierogliph pada bangsa mesir kuno.Hierogliph merupakan bahasa simboldimana setiap ungkapan diwakili oleh simbol yang berbeda yang ketika digabungkan menjadi satu akan mempunyai cara pengucapan dan arti yang berbeda.
• 500 SM,serat papyrus digunakan sebagai kertas-kertas yang terbuat dari serat pohon papyrus yang tumbuh disekitar sungai nil.Ini menjadi media informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai media informasi.
• 105 M,bangsa cina menemukan kertas-kertas yang pada masa itu kertas yang dimaksud adalah kertas yang kita kenal sekarang,kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan,disaring,dicuci kemudian daratakan dan dikeringkan.Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta yang kita kenal sekarang dengan sistem Cap.
• Masa modern (1400-an s/d sekarang),tahun 1455 mesin cetak yang menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi bisa diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu dikembangkan untuk pertama kalinya oleh johann Gutenberg.
• Tahun 1861,gambar bergerak yang diproyeksikan kedalam sebuah layar pertama kali digunakan sebagai cikal bakal film sekarang.
• Tahun 1899,dipergunakan sistem penyimpangan dalam tape (pita) magnetis yang pertama.Tahun 1923,Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama.Tahun 1940,dimulainya pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi pada masa perang dunia 2 yang dipergunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tap

UNTUK LEBIH LANJUT SILAKAN DOWNLOAD MAKALAH DISINI
Berita Tren
Berita Tren

Previous
Next Post »