Arti penting Infrastruktur



A. Arti penting Infrastruktur

Kita sering mendengar yang namanya infrastruktur. ”Infrastruktur” mengacu pada sistem fisik yang menyediakan transportasi, air, bangunan, dan fasilitas publik lain yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia secara ekonomi dan sosial.

Socrates: ”In order to function it all, a person needs the facilities and arrangements available from community, security, institutions, and economic goods, and that these can only be available when individuals support the concepts of community and the responsibilities that it entails”.

Infrastruktur: ”elemen dasar dari suatu kota; bangunan utama dari suatu kegiatan; bangunan penunjang kegiatan”.
Keputusan Menteri Pekerjaan Umum No.378/1987 tentang Standar Konstruksi Bangunan Indonesia, Lamp.22: ”Prasarana Lingkungan adalah jalan, saluran air minum, saluran air limbah, saluran air hujan, pembuangan sampah, jaringan listrik”.

Keputusan Menteri Dalam Negeri No.59/1988 tentang Petunjuk Pelaksanaan PerMenDagri No.2/1987 tentang Pedoman Penyusunan Rencana Kota: ”Sistem utama jaringan utilitas kota (pola jaringan fungsi primer dan sekunder) seperti air bersih, telepon, listrik, gas, air kotor/drainase, air limbah”

Di Indonesia infrastruktur merupakan masalah struktural yang berat, mengapa? Ini dikarenakan masih sangat kurangnya ketersediaan fasilitas-fasilitas infrastruktur yang memadai di Indonesia yang dapat membantu baik dalam sisi ekonomi, sosial budaya, politik, dan lain-lain.

Infrastruktur di bagi menjadi 3 bagian besar, yaitu:
• Infrastruktur keras fisik( Physical Hard Infrastructure) yang meliputi jalan raya, rel kereta api, bandara, dermaga dan pelabuhan, bendungan, dan saluran irigasi, dan sebagainya.
• Infrastruktur keras nonfisik (NonPhysical Hard Infrastuktur) yang berkaitan dengan fungsi utilitas umum seperti ketersediaan air bersih berikut intalasi pengolahan air dan jaringan pipa penyaluran; pasokan listrik; jaringan telekomunikasi(telepon, Internet); dan pasokkoan energi mulai dari minyak bumi, biodiesel, dan gas berikut jaringan pipa distribusinya.
• Infrastruktur lunak ( Soft Infrastructure) atau kerangka institusional (kelembagaan) yang meliputi berbagai nilai(etos kerja), norma, serta kualitas pelayanan umum yang disediakan oleh berbagai pihak terkait, khususnya pemerintah.

Untuk lebih lengkapnya silakan download makalahnya disini

Berita Tren
Berita Tren

Previous
Next Post »