Perbedaan individual anak usia SD


Perbedaan individual anak usia SD
Kata perbedaan individual menurut landgren (1980:578) merupakan variasi yang terjadi, baik pada aspek fisik maupun psikologis.
A.Perbedaan pada perkembangan fisik
Perkembangan fisik anak usia Sd tentu berbeda satu sama lain dapat kita lihat pada saat anak berbaris, I lebih berat . serta perkembangan antara negara yg satu dengan negara lain juga berbeda tergantung gizi dan nutrisi makanan di Negara tersebut.
Selain itu perbedaan yang ada juga karena memang anak tersebut sudah memasuki tahapan perkembangan fisik tertentu, factor lingkungan juga akan mempunyai peranan dalam mempertajam perbedaan individu anak.

perbedaan perkembangan motorik pada anak laki-laki dan perempuan SD
Usia 6 Tahun
Dalam gerakan anak permepuan lebih superiordan teliti, sedangakan pada anak laki-laki superior dalam kekuatan dan beberapa tindakan kurang kompleks.

Usia 7
Keseimbangan beririi dengan satu kaki. Dapat melangkah ebar dengan seimbang, dapat melopat secara teliti dalam segi tempat yang sempit dan mampu melakukan lompatan dengan tepat.

Usia 8
Pada usia ini anak suka bergabung dalam permainan kelompok. Dan juga dapat melakukan gerak berirama. Anak perempuan dapat melempar bola sejauh 12 meter. Anak laki-laki 21 meter.

Usia 9
Anak perempuan dapat melompar 21 cm. sedang anak laki-laki dapat sampai 10 ici. Anak laki aki dapat laris ejauh 4,95 m perdetik. Anak perempuan 3,75 m per detik.

Usia 10
Anak lakilaki dapat melompat setinggi 150 cm, sedang anak perempuan melompat 135cm.
B.Perbedaan pada perkembangan Intelektual
Perbedaan ini terjadi karena memanga ada perbedaan dalam hal menguasai suatu materi pelajaran.
Seperti halnya perbedaan pada perkembangan fisik anak, demikian juga kadar dan cara anak untuk berpikir logis terhadap sesuatu aka nada perbedaan.perbedaan tersebut di sebabkan juga oleh berbagai factor cara penyampaian materi oleh guru, apakah monoton atau berfariasi.
C.Perbedaan pada perkembangan moral
Perbedaan yang terjadi pada perkembangan moral individu tergantung dari lingkungan bukan bawaan lahir. Lingkungan keluarga, treman sebaya, dan sekolah atau guru membuat perbedaan pada perkembangan moral anak.
2 Pandangan ahli tentang perbedaan pada perkembangan moral:
1.Piaget dan Tahapan Moral
menurut pieaget terbagi menjadi 2 tahap yaitu tahap dalam beberapa aspek (Pandangan, Kesungguhan, Peraturan, Hormat pada Kekuasaan, Hukuman dan keadilan)
1.Hambatan moral
2.Kerjasama moralitas
Sehingga menimbulkan 4 perbedaan perkembangan moral pada anak… yg di klasifikasiakan menurut usia yaitu:
a.    Tahap 0 “usia 4-6 tahun”
b.    Tahap1 “6-8 tahun”
c.    Tahap 2 “8-10 tahun”
d.    Tahap 3 “10-12 tahun”
e.    Tahap 4 “Remaja”
2.Kolbreg dan Alasan moral
Kolberg melukiskan 3 tingkatan atas moral yaitu:
a.    Tingkat 1  “Praconventional Morality (anak usia 4-10 tahun)”
b.    Tingkat 2 “Conventional Morality (anak usia 10-13 tahun)”
c.    Tingkat 3 “Post-Conventional Morality (anak 13 tahun lebih)”

D.Perbedaan Kemampuan
Untuk melihat perbedaan kemampuan anak dapat di tes melalui :
a.    Tes  IQ
b.    Tes secara tetulis
c.    Test praktek
Unknown
Unknown

First