Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Manusia


 MANFAAT AIR PUTIH MINERAL 
Dibawah ini adalah beberapa manfaat air putih yang secara tidak kita ketahui memiliki peran terhadap keberlangsungan hidup manusia :
1. Penghilang Dehidrasi dan Haus
Mungkin ini adalah manfaat yang paling utama dari meminum air putih yaitu penghilang haus. Bisa dibayangkan apa yang terjadi jika kita tidak minum air putih?  tentu akan terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan yang akan menyebabkan tubuh lemas dan membuat konsentrasi kita berkurang. Minum banyak air putih akan mencegah terjadinya dehidrasi dan membantu meningkatkan konsentrasi.

2. Meningkatkan Energi
Apa yang terjadi jika anda tidak mengkonsumsi air yang cukup, terlebih saat olahraga? efek pertama yang dirasakan tentu adalah lelah. Otot yang kekurangan air tidak akan dapat bekerja optimal yang menyebabkan terjadinya kelelahan.

3. Membantu Mengeluarkan Racun
Bagaimana bisa kita berkeringat atau buang air kecil tanpa bantuan air? padahal kedua proses ini adalah salah satu mekanisme tubuh dalam membantu menghilangkan racun. Air putih dapat membantu mengeluarkan cairan keringat yang mengurangi resiko batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

4. Menjaga Kelembapan Kulit dan Membuat Kulit Halus
Minum air putih yang cukup dapat membantu melembabkan kulit, membuatnya terus segar, lembut, bercahaya dan halus. Racun dalam tubuh dapat memiliki efek yang dapat menyebabkan kulit meradang, menyebabkan pori pori tersumbat dan akhirnya akan menyebabkan jerawat. Konsumsi air ini dapat meningkatkan proses pengeluaran racun melalui keringat secara lancar yang akhirnya dapat membuat kulit halus dan cerah. Anda tidak mau kulit anda terlihat kering bukan? Kalau begitu jangan malas minum air putih.

5. Menjaga Fungsi Ginjal
Pernah mendengar penyakit batu ginjal dan  gagal ginjal? Penyebab utamanya adalah kekurangan cairan atau yang sering kita dengar dengan istilah kurang minum. Perlu kita ketahui, ginjal memproses 200 liter darah setiap hari, menyaring keluar limbah dan mengangkut urin ke kandung kemih yang dikeluarkan melalui saluran uretra. Namun, ginjal butuh cairan yang cukup untuk membersihkan apa yang tidak dibutuhkan dalam tubuh, air putih adalah kunci utamanya dalam menjaga fungsi Ginjal.

6. Meningkatkan Fungsi Otak
Otak memiliki kandungan air sekitar 75%. Kurangnya pasokan air ke otak dapat menyebabkan otak kekurangan oksigen.Akibatnya, sel-sel otak menjadi kurang aktif dan tidak berkembang,bahkan bisa menciut/mengecil. Otak tidak bisa menjalankan fungsinya sebagaimana normalnya. Minum air putih minimal 2 litter satu hari dapat meningkatkan fungsi otak, air akan membantu meningkatkan konsentrasi dan kelancaran sistem saraf di otak.

7. Mencegah dan Menjadi Obat Demam
Anda pernah demam? Pasti ada dari kalian yang pergi ke dokter jika demamnya tidak hilang dalam waktu 2-3 hari. Saat kalian ke dokter, setelah diberikan obat. Pasti dokter mengatakan “Banyak-banyak minum air putih ya”. Itu dimaksudkan agar demam kalian cepat turun. Usahakan minum air putih perjam beberapa gelas, hal ini akan membuat kita sering buang air kecil yang dimana urine yang kita buang itu mengangkut panas dalam tubuh.

 MANFAAT AIR DALAM KEGIATAN MANUSIA 
- Kebutuhan sehari-hari, air digunakan untuk minum, masak, mandi, mencuci, dan kegiatan bersih-bersih lainnya.
- Air untuk keperluan umum meliputi digunakan untuk tempat rekreasi, untuk membersihkan pasar dan jalan, untuk air mancur dan sebagainya.
- Air untuk keamanan, air digunakan untuk memadamkan kebakaran
- Keperluan air untuk industri, air digunakan pada industri seperti pembangkit tenaga listrik, pabrik dan sebagainya..
- Air untuk keperluan perdagangan, air digunakan untuk toko, retaurant, hotel, warung dan lain-lain.
- Air untuk pertanian, air digunakan untuk irigasi lahan pertanian.
- Air untuk peternakan seperti tambak, kolam, keramba apung dan sebagainya.
- Air sebagai tempat media transportasi seperti perjalanan dengan kapal laut.

 Manfaat Air Untuk Hewan 
     Air adalah komponen penting dan terbesar dalam tubuh hewan. Hewan juga membutuhkan air dalam menunjang keberlangsungan hidupnya. Untuk berbagai kepentingan tubuh hewan selain untuk minum, tentu air juga bermanfaat bagi hewan dalam menunjang kebutuhan sekundernya seperti untuk “mandi”. Sebagai makhluk hidup, air juga penting untuk metabolisme tubuh hewan.

 Manfaat Air Untuk Tumbuhan                                          
1. Penyusun Utama Protoplasma.
Molekul - molekul makro dalam protoplasma seperti protein, karbohidrat, pektin dan lain - lain membentuk struktur yang unik berasosiasi dengan molekul air dalam bentuk koloid.

2. Sebagai Alat Transpor Untuk Memindahkan Zat Hara.
Bahan yang diangkut dapat berupa bahan mineral dari dalam tanah, bahan - bahan organik hasil fotosintesa, dan olahan sel lainya.

3. Menjadi Medium Berlangsungnya Reaksi Biokimia.
Kita tahu terkadang proses reaksi terjadi dalam bentuk larutan dan air adalah pelarut yang sangat baik.

4. Sebagai Sistem Hidrolik.
Air dapat memberikan tekanan hidrolik pada sel sehingga menimbulkan turgor pada dinding sel tumbuhan. memberikan kekuatan mekanik pada jaringan-jaringan yang tidak memiliki sokongan struktur (zat kayu) pada dinding selnya, misalnya pada parenkim. Sistem hidrolik juga dapat di temukan pada saat membuka dan menutupnya stomata.

5. Stabilisasi dan Pemindahan Panas.
Tingginya panas jenis yang dimiliki air, telah memungkinkan air berperan sebagai penyangga (buffer) dalam pengaturan panas tubuh tumbuhan. Penyerapan sejumlah besar panas (radiasi) oleh tumbuhan, hanya akan mengubah suhu tubuh sedikit saja. Sebab sebagian besar panas (radiasi) tersebut dikembalikan lagi ke lingkungannya dengan cara penguapan air dari permukaan tubuhnya.

6. Sebagai Alat Gerak
Misalnya pada pulvinus tangkai daun pada gerak nasti. Air di dalam sel berada dalam bentuk bebas dan terikat. Keterikatan air itu dapat dengan ion atau molekul polar, terkait dengan ikatan H pada molekul lain, terikat pada koloid atau terikat secara kapiler. Air bebas terdapat pada vacuola sebagai cairan encer. Apabila tumbuhan kekurangan air, air bebaslah yang hilang lebih dulu.
Berita Tren
Berita Tren

Previous
Next Post »