Bagian-bagian mata serta fungsinya untuk manusia

1. Organ Bagian Luar Mata:
- Bulu Mata
Bulu Mata terletak sangat dekat sekali dengan mata. Fungsi dari Bulu Mata adalah menyaring sinar/cahaya yang akan masuk ke dalam bola mata dan berguna untuk menjaga mata dari benda asing ,seperti debu, pasir, dll.

- Alis Mata
Berada tepat di atas kelopak mata yang berfungsi untuk menahan air keringat dan air hujan yang jatuh dari kening(dahi). 

- Kelopak Mata
Kelopak mata terdiri dari kelopak mata atas dan bawah.Kelopak mata itu yang dapat membuka dan menutup mata. Fungsinya untuk menjaga mata bagian depan dari benda asing. Benda-benda ini seperti debu,asap, dll. Kelopak mata juga berfungsi untuk menyapu permukaan bola mata dengan cairan. Selain itu juga dapat mengatur intensitas cahaya yang akan masuk ke mata.

- Lakrima Kelenjar
Kelenjar air mata(Lakrima) berfungsi menghasilkan air mata untuk melembapkan mata, membersihkan mata dari debu dan membunuh kuman yang masuk ke mata.

2. Organ Bagian Dalam Mata :
- Kornea ( Selaput Bening )
Kornea atau korneos merupakan bagian dalam bola mata yang terletak di depan dan tembus pandang, menutupi iris dan pupil. Karakteristiknya adalah saat kita menyentuh Kornea maka mata akan menutup sendiri karena adanya reflek dari mata. Kornea berfungsi untuk menerima cahaya dari lingkungan sekitarnya serta meneruskannya ke dalam bagian mata yang akan berakhir di Retina.

- Lensa Krisalin ( Lensa Mata )
Lensa ini berfungsi untuk memfokuskan cahaya yang masuk ke bagian belakang mata tepat pada retina sehingga perannya sangat fital. Untuk mengatur bayangan agar selalu jatuh tepat pada retina, lensa dapat menebal dan menipis sesuai jarak benda ke mata. Bayangan yang jatuh pada retina adalah nyata,terbalik,dan diperkecil.
Iris
Inilah bagian mata yang memiliki warna pada mata manusia yang berbeda-beda sesuai dengan ganetiknya. Warna mata tersebut, seperti hitam dan coklat kemerahan untuk orang Asia, Biru dan Hijau untuk masyarakat Eropa, dll. Fungsi Iris adalah membatasi banyaknya cahaya yang masuk ke mata.

- Aqueous Humor
Adalah cairan transparan yang menyerupai plasma berlendir, tetapi memiliki konsentrasi protein yang rendah. Cairan ini diproduksi oleh silia tubuh, struktur yang mendukung lensa. Bagian ini berfungsi untuk membiaskan cahaya yang masuk ke mata.

- Pupil
Berwarna hitam dan berada di tengah iris. Fungsinya adalah untuk mengatur besar kecilnya cahaya yang masuk ke mata. Ketika cahaya yang masuk terlalu terang maka pupil akan mengecil, jika cahaya yang masuk ke mata sedikit maka pupil akan membesar.

- Retina/ Selaput Jala
Retina adalah lapisan yang sangat tipis dari jaringan di dalam mata. Retina sangat sensitif terhadap cahaya. Berfungsi untuk menangkap sinar cahaya yang masuk ke mata. Impuls cahaya kemudian dikirim ke otak melalui saraf optik untuk di proses.

- Saraf Optik
Fungsi dari saraf ini adalah untuk meransang cahaya yang masuk dari retina ke otak.Saraf optik nmembawa semua informasi untuk diproses di otak. Pada akhirnya kita bisa melihat sebuah benda atau objek.

- Otot Mata 
Otot ini berfungsi untuk mengatur besar kecilnya lensa yang juga merupakan penyangga lensa kristalin.

- Vitreus Humor
Sering disebut sebagai badan Vitreous . Badan vitreous merupakan cairan beninng yang umumnya berada pada rongga mata. Berfungsi untuk meneruskan cahaya dari lensa ke retina.

- Bintik Kuning
Bintik kuning adalah bagian mata yang paling sensitif terhadap cahaya. Ketika sebuah bayangan jatuh pada bintik-bintik kuning, maka objek akan terlihat sangat jelas.

- Sklera
Merupakan bagian dari dinding putih mata. Rata-rata ketebalan 1 Milimeter tetapi dalam otot resensi, menebal menjadi 3 milimeter.
Demikian penjelasan bagian-bagian mata beserta Fungsinya. Semoga artikel ini membantu kita yang sedang belajar.
Berita Tren
Berita Tren

Previous
Next Post »