JARINGAN KOMPUTER



Jaringan komputer terdiri atas:
A.    SERVER
Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifatsca la ble dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan atau network operating system. Server juga  menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan.

Dilihat dari fungsinya, server bisa di kategorikan dalam beberapa  jenis, seperti:
1.    Server aplikasi (application server), adalah server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client.
2.    Server data (data server), digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan client secara langsung maupun data yang diproses oleh server aplikasi.
3.    Server proxy (proxy server), berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer client ke Internet.
Server terbagi atas:
1.    File server, yaitu komputer yang melekat pada jaringan yang memiliki tujuan utama menyediakan lokasi untuk penyimpanan bersama file komputer (seperti dokumen, file suara, foto, film, gambar, database, dsb) yang dapat diakses oleh workstation yang melekat pada jaringan komputer. Protokol yang digunakan pada file server adalah htp dan smb.
2.    Print server, yaitu sebuah komputer atau perangkat yang terhubung ke satu atau lebih printer dan komputer klien melalui jaringan, dan dapat menerima pekerjaan mencetak dari komputer dan mengirim pekerjaan ke printer yang sesuai. Protokol yang digunakan adalah ipp dan smb.
3.    Web server, yaitu program komputer yang memberikan  (menyediakan)  konten,  seperti  halaman  Web,  dengan menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP), melalui World Wide Web dan juga dapat merujuk ke komputer atau mesin virtual menjalankan program. Protokol yang digunakan dalam  webserver adalah http.
4.    Mail server. Protokol yang digunakan adalah pop3 dan smtp.
5.    Database server, yaitu sebuah program komputer yang  menyediakan layanan database program komputer lain atau  komputer, sebagaimana didefinisikan byormix, Ingres, SQL server.
6.    VOIP (Voice Over Internet Protocol), yaitu teknologi yang  memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet dan data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa. Protokol yang digunakan dalam VOIP adalah h232 dan sip.
7.    Terminal server, yaitu memungkinkan komputer klien untuk  menggunakan harddisk, dimana dalam satu buah CPU dapat digunakan kebanyak banyak komputer. Protokol yang digunakan dalam terminal server adalah rdp (terdapat pada windows), dan itp (terdapat pada linux).
B.     CLIENT
Client adalah sistem komputer yang menerima layanan-layanan  dari server didalam jaringan.
Komponen Jaringan Komputer
Jaringan komputer tersusun dari beberapa elemen dasar yang meliputi :
a.       Komponen Hardware.
1.    Personal computer (PC), yaitu mesin yang dapat diprogram menerima input, menyimpan dan memanipulasi data, dan menyediakan output dalam format yang bermanfaat.
2.    Network Interface Card, yaitu sebuah komponen perangkat  keras yang berfungsi untuk penghubung antara komputer dengan network device dan berkomunikasi melalui jaringan komputer.
3.    Kabel.
4.    Topologi jaringan, yaitu interkoneksi fisik dari unsur-unsur (link,  node, dll) dari sebuah jaringan komputer. Empat dasar tipe  topologi jaringan:
•    Bus topology,
•    Star topology,
•    Ring topology, dan
•    Tree topology
b.      Komponen Software.
1.    Sistem operasi jaringan, yaitu sebuah jenis sistem operasi yang  ditujukan untuk menangani jaringan.
2.    Network adapter driver.
3.    Protokol jaringan, yaitu seperangkat aturan yang digunakan  oleh komputer untuk berkomunikasi antara satu sama lain didalam jaringan dan sebuah konvensi atau standar yang mengontrol atau memungkinkan koneksi, komunikasi, transfer data antara endpoint komputasi.
Selain komponen-komponen diatas, jaringan komputer juga  memiliki perangkat seperti:
1.    Hub, yaitu komponen jaringan yang memiliki colokan (port) yang berguna untuk menyatukan kabel-kabel network dari tiap- tiap workstation, server atau perangkat lain.
2.    Bridge, digunakan untuk menghubungkan beberapa  jaringan  yang  terpisah walaupun  menggunakan  media penghubung dan model atau topologi berbeda.
3.    Switch, bentuk dan fungsinya sama dengan hub, akan tetapi bedanya adalah switch lebih pintar karena memiliki kemampuan untuk mentransfer data hanya pada port yang dituju saja, berbeda dengan HUB yang mem-broadcast ke semua port yang dimiliki termasuk port tempat data tersebut berasal. Hal inilah yang membuat switch lebih cepat dalam mentransfer data dengan penggunaan bandwidth 100%, tidak terbagi untuk broadcast.
4.    Router memiliki kemampuan untuk menyaring atau memfilter data yang lalu lalang dijaringan berdasarkan aturan atau protokol tertentu.
Perbedaan RISC dan CISC
•    CISC
Complex  Instruction Set Computingdisingkat CISC  merupakan rangkaian instruksi built-in pada processor yang terdiri dari perintah-perintah yang kompleks. Instruksi-instruksi yang tersedia bertujuan  untuk memudahkan  para  programmer  untuk mengembangkan aplikasi untuk plattform CISC. Pada arsitektur CISC seperti Intel x86, yang diperkenalkan pada tahun 1978, bisa terdapat ratusan instruksi program perintah-perintah sederhana yang menyuruh sistem menambah angka, menyimpan nilai, dan menampilkan hasilnya. Bila semua instruksi panjangnya sama, instruksi sederhana akan memboroskan memori. Instruksi sederhana membutuhkan ruang penyimpanan 8 bit, sementara instruksi yang paling kompleks mengkonsumsi sebanyak 120 bit. Sehingga hal tersebut akan mengurangi kecepatannya.
Arsitektur berbasis CISC juga memungkinkan para perancang prosesor untuk menambahkan set instruksi tambahan untuk keperluan tertentu disamping set instruksi standar yang sudah ada, misalnya set instruksi MMX (Multimedia Extension) yang ditambahkan pada prosesor buatan Intel, dan 3Dnow! pada prosesor keluaran AMD. Karena itulah maka keluarga prosesor CISC lebih banyak digunakan dalam komputer pribadi dimana aplikasinya lebih luas, sementara keluarga prosesor RISC hanya digunakan pada workstation yang biasanya memiliki lingkup aplikasi yang lebih sempit.
Diantara kelebihan dan kekurangan dari arsitektur RISC dan arsitektur CISC sampai sekarang masih menjadi sebuah perdebatan. Ada juga teknologi yang menggabungkan kedua arsitektur tersebut, contohnya : Prosesor Intel dan AMD yang dijual secara komersil sekarang adalah pengembangan dari prosesor x86 yang menggunakan basis prosesor CISC.
•    RISC
RISC (Reduced Instruction Set Computing). Rangkaian instruksi  built-in pada processor yang terdiri dari perintah-perintah yang lebih ringkas dibandingkan dengan CISC. RISC memiliki keunggulan dalam hal kecepatannya sehingga banyak digunakan untuk aplikasi-aplikasi yang memerlukan kalkulasi secara intensif. Konsep RISC pertama kali dikembangkan oleh IBM pada era 1970-an. Komputer pertama yang menggunakan RISC adalah komputer mini IBM 807 yang diperkenalkan pada tahun 1980. Dewasa ini, RISC digunakan pada keluargaproces s or buatan Motorola (PowerPC) dan SUN Microsystems (Sparc, UltraSparc).
Karakteristik Risc
•    Satuinstruksipersiklus
•    Operasiregister to register
•    Mode pengalamatanyang sederhana
•    Format instruksiyang sederhana
•    Desainhardwired (tanpamicrocode)
•    Format instruksiyang fix
•    Prosescompile yang cepat
Tabel Perbandingan RICS dengan CISC
Fitur    RICS    PC/Desktop CISC
Daya    Sedikit ratusan miliwatt    Banyak watt
Kecepatan Komputasi    200-520 MHz    2-5 GHz
Manajemen Memori    Direct, 32 bit    Mappped
I/O    Custom    PC berbasis pilihan via BIOS
Environment    High Temp, Low EM Emissions    Need Fans, FCC/CE approval an issue
Struktur Interupsi    Custom, efisien, dan sangat cepat    Seperti PC
Port Sistem Operasi    Sulit, membutuhkan BSP level rendah.    Load and Go

Berita Tren
Berita Tren

Previous
Next Post »